Kamis, 14 Juni 2012

b e c a k !

sumpah.
gue sangat-sangat-sangat berharap angkutan ini nggak punah dan cuma jadi romantisme sejarah.
gue ngrasa,
ketika gue naek angkutan yang satu ini,
gue bisa melihat lebih jelas daerah gue sendiri,
yang tiap hari gue lewatin
tapi nggak diperhatiin dengan saksama
dan cuma liat dalam tempo yang sesingkat-singkatnya
karena motor / mobil (angkot) yang gw tumpangi ngebut.

gw nggak pengen,
anak gw kenal becak dari buku sejarah
(ehm, itu juga kalo benda ini dinilai cukup kriteria
masuk sebagai benda bersejarah
dan cukup kompeten untuk masuk buku sejarah).

gue bisa banget nikmatin perjalanan,
bercengkrama (kalo ada temennya),
khusyu (kalo sendiri aja).

meski begitu,
bukan gw nggak mikir dari segi si penarik becak.

gw bukan sedang mengeksploitasi manusia.
gw nggak lagi menjajah.
(membela diri..
teteup, yeuh?)

si abang itu sebenernya beruntung,
(eh, tukang becak semua laki2, kan, ya?)
kenapa gw bilang beruntung?
karena, eh, karena minuman itu haram.
(upz, itu mah oma irama).
maksud gw,
doi beruntung karena badannya selalu bugar.
gimana, enggak?
sambil olahraga doi dapet duit.
untung, kan, namanya?
ya, kan? ya, kan?

tapi, tapi, tapiiiiii..
gw pikir, pikir, pikiiiiirrr..
apa itu potret kecil Indonesia, yah?
manusia yang dimanfaatkan tenaganya an sich
(atau, yah, kadar penggunaan otak yang nggak terlalu banyaklaaah..)

eh, jadi pengen tau,
becak itu dari mana, ya?
apa dari cina?
adaptasi rickshaw gitu?
cari di google, aah..
eh, tapi nyelesein catetan ini dulu.

yang jelas,
becak nggak boleh punah!
kalo semua diganti dengan mesin,
nggak olahraga kita.
iya, kan, sodara?
ya.. yang olahraga si abangnya sih emang..

eh, eh,
ngomong2 olahraga,
apa ganti konsep aja:
penumpang ngegoes di belakang,
truz abang becaknya di depan???
^^

selamat hari becak nasional! (haha.. ngarang!)

http://minyos.its.rmit.edu.au/~dwa/slides/wheels/becak02.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar