Sabtu, 25 Februari 2012

Pertemuan kita: gejala semiotis


Saya percaya,
Segala sesuatunya merupakan tanda.
Kita sendiri adalah tanda.
Karena manusia merupakan homo semioticus—menurut Aart Van Zoest,
ia akan selalu mencari makna atas tanda-tanda yang ditemuinya.

Begitu juga saya.
Pertemuan saya dengan Anda,
Itu pun gejala semiotis.
Tidak mungkin tidak ada maksud
Dari pertemuan itu.

Apa maksudnya saya dipertemukan dengan Anda?
Apa yang bisa saya pelajari dari Anda?

Segala yang berpusar dalam saya adalah tanda.
Mengapa saya terlahir dari perempuan yang saya panggil “mama”?
Mengapa harus dia yang terpilih melahirkan saya?
Atau, sebaliknya:
Mengapa saya yang terpilih dilahirkan olehnya?

Oh, iya, kembali kepada kita.

Saya tahu,
Alam berkonspirasi mempertemukan kita.
Tapi untuk apa?
Apakah untuk membagi cinta
Atau hanya sekadar … .
--ah, saya tidak percaya dengan kata “sekadar”.

Dan di sinilah saya sekarang.
Di depan Anda.
Memandang wajah kosong tanda tanya.

(1 Oktober 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar